Senin, 09 Januari 2012

KALA MASALAH MENGGUNUNG...SEGALA SESUATU JADI TAK MENENTU..... teknik simple NLP


Saat segala sesuatu menjadi tak menentu... moment2 yang pasti menghampiri dalam satu waktu di kehidupan kita, apa yg kita lakukan ???
Banyak pilihan, setiap orang punya reaksi masing2 kala menghadapi segunung masalah yg spt tak berujung.
Mari kita lihat pilihan2 yang diambil karna kebiasaan :

MARAH

ini yg paling umum. Marah dengan segala variannya...coz masing2 org beda cara lampiaskan amarah. Ada yg banting piring...banting pintu...banting anak..( Ya Allah mudah2an gak ada !!! )
Marah apalagi membabi buta takkan selesaikan masalah dan seingkali memperrumit masalah ( bayangkan..!! babi yg bisa liat aja asal sruduk...apalagi babi yg buta..uhhhh serremmm )
makanya yg satu ini not recommended.

NANGIS

feminim banget ya.. hehe tapi buat para cowok gak perlu malu juga asalkan gak ditempat umum, seringkali tangisan bisa melegakan, cucuran air mata seakan turut meluruhkan beban berat masalah...bukan berarti terselesaikan masalahnya tapi paling tida kelegaan yg diakibatkannya bisa memberi waktu tenang untuk kita berpikir mencari solusi. Maka yg pengen nangis ya LANJUTKAN..!!!

CURHAT

ini paling umum juga dilakukan apalagi temen2 cewek. Mungkin sahabat tempat curhat tidak bisa membei soluna.../tapi seperti fungsi air mata tadi, bisa mendatangkan kelegaan dan perasaan tenang yg memungkinkan kita untuk berpikir lebih jernih. Syuku2 tempat berbagi masalah adalah org2 yg memiliki kebijakan berpikir... besar kemungkinan bisa menawarkan jalan terbaik untuk mengatasi problem. Tapi hati2 juga... curhat pada og yg salah bisa2 malah mendatangkan lebih banyak masalah... ini biasanya terjadi pada sahabat2 cewek dgn alasan kesetiakawanan seringkali pembelaan pd kawan yg curhat jd membabi buta...malah jadi kompor yg kualitasnya melebihi kompor gas Rinai...samsung..national digabung jd satu, bisa dibayangkan setelah curhat malah jadi mledug..duoorrr...dan tak heran jika si empunya masalah memutuskan untuk mengangkat pedang n siap berperang ( huahahaha...yg ini sedikit lebay ).
So..bagi yg hobi cuhat bijak2lah memilih temen curhat.


DIAM & MEMBIARKAN WAKTU YANG MENJAWAB


banyak orang ketika menghadapi situasi yg rumit lebih memilih berdiam diri hingga waktu menjawab segala tanya..
kesannya pasif gitu...tapi ada segi positifnya. Mundur sejenak untuk melihat masalah lebih utuh akan memberikan gambaran yg menyeluuh...apa yg sebenarnya terjadi. Memberi kesempatan untuk hati dan pikiran mendapatkan jawaban. tapi jangan terlalu pasif juga yang kesannya jadi apatis dan menyerah pada masalah.
Silahkan diam sejenak untuk memberikan ketenangan pada diri...setelah itu segera cari solusi.


BERDOA


sebagai orang beragama...solusi ini sangat membantu. Kepercayaan bahwa Tuhan akan selalu membantu kesulitan umatnya akan berdampak positif pada spirit kita untuk tabah...sabar dlm menghadapi cobaan. Bagi umat muslim..sholat tahajud sangat brguna disaat2 ini. Sholat ditengah malam...dalam keheningan dan kekhusyukan...seringkali menghasilkan ide2 jalan keluar. Secara psikologis kondisi saat2 sholat tahajud sangat mendukung ke arah problem solving... saat tenang segalanya menjadi jernih...saat jernih segalanya tersasa jelas...saat jelas solusi akan terbuka.
So.. keep praying, may Allah give u the way.


NGE-DRUG + MABOK

hehe... pasti banyak jg yg seperti ini...tapi itu hanya sesaat dan masalah bertambah parah. So... JAUHI YA !!!

TEKNIK NLP
ini yang ingin aku share ke rekan2. Seringkali ketika pikiran buntu..mau berdoa pun tak kuasa mau ngapain2 udh gk selera, ada beberapa teknik NLP untuk menenangkan pikiran. Ada salah satu yg simple. Kita hanya pelu sebuah balon...ya balon maenan anak2 itu. caranya : tarik nafas dalam2...bayangkan semua masalah yg kita hadapi...bayangkan semuanya...kemudian tiup balonnya. Tiup kuat2 sambil membayangkan satu pesatu masalah kita tertiup ke dalam balon, terus tiup dan terus bayangkan masalah2 yg menumpuk baik kecil sampai terbesar tertiup ke dalam balon...terus tiup keluarkan semua masalah...kalau pelu katakan dalam hati seiring tiupan nafas kita ke balon...aku tiup masalah A...sekarang masalah B aku tiup...masalah C udah kutiup.... pacar brengsek...tetangga usil...suami selingkuh...duit belanja menipis....tagihan utang A..utang B...utang Z...kutiup ke balon semua...terus tiup sampai besar...sampai balon mengencang....dan terus mengencang...dan akhirnya...DUOOOORRRR...!!!!!!!! meletus balon hijau dorrr... hehehe... dan bersamaan dgn meletusnya balon insyaallah pikiran kita akan tenang. Dan saat tenang semua menjadi jernih...saat jernih semua menjadi jelas....saat jelas masalah pasti tuntas. Selamat mencoba !























Tidak ada komentar: